Tuesday, September 18, 2012

Inverter

Inverter merupakan alat/komponen untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik/servo. Dengan menggunakan inverter motor listrik menjadi variable speed. Kecepatannya bisa diubah-ubah atau disetting sesuai dengan kebutuhan.

Didunia otomatisasi industri, inverter sangat banyak digunakan. Aplikasi ini biasanya terpasang untuk proses linear (parameter yang bisa diubah-ubah). Linear ya seperti grafik sinus.

Mungkin kita kenal dari semua vendor automasi industri pasti membuat inverter juga. Contohnya saja Allen Bradley, Siemens, Hitachi, Panasonic, Omron, Mitsubishi, Danfoss dan masih banyak lagi merek-merek lain. Dari masing-masing brand tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Anda pasti tahu didalam inverter kita harus mensetting parameter yang disesuaikan dengan komponen yang akan di kontrol via inverter tersebut. Contohnya: Tegangan Motor Listrik, Ampere, Frekwensi, High Speed, Torsi, dll. Dengan cara yang manual menggunakan display hal tersebut bisa dilakukan dengan mengikuti manual book yang dikeluarkan oleh vendor inveter tersebut.

No comments:

Post a Comment