Wednesday, August 29, 2012

Konfigurasi DA Server untuk Komunikasi WW InTouch dengan PLC (Omron, Siemens, Mitsubishi)

. DA Server ialah semacam driver untuk PLC. Sebelumnya, untuk PLC yang lebih lama, program yang digunakan ialah I/O Server. Berikut hasil uji sederhana yang saya lakukan pada beberapa merk PLC (Omron, Siemens, Mitsubishi).
DASOMHL untuk PLC Omron CPM 1
Untuk terkoneksi dengan PLC Omron CPM1, biasanya saya menggunakan I/O Server Omron Host Link (OmronHL), namun kali ini saya menggunakan DA Server : DASOMHL. Perubahan yang jelas ialah penggantian topic name dari “OmronHL” menjadi “DASOMHL”. Selebihnya secara umum sama. PLC Omron ialah salah satu yang paling mudah dikonfigurasi untuk InTouch. Berikut ini gambarannya.
Dari PLC Omron CPM1 tentunya menggunakan CIF01 sebagai port komunikasi serial.
DASSIDirect untuk PLC Siemens S7 200
Koneksi antara WW InTouch dan PLC Siemens S7 200 tidak bisa menggunakan komunikasi serial biasa, namun harus dengan modul komunikasi Ethernet (agak ironis karena harganya lebih mahal dari PLCnya). Kebetulan tahun lalu lab kami membelinya sehingga bisa mencobanya. Untuk topic name menggunakan “DASSIDirect”, dan pilihan protokol dengan SuiteLink (bukan DDE). Berikut ini konfigurasinya.
DASMTAQSerial untuk PLC Mitsubishi Q Series
Koneksi dengan PLC Mitsubishi inilah yang masih gagal saya lakukan beberapa waktu lalu. Setelah membaca  baik – baik manualnya, ternyata untuk komunikasi serial harus menggunakan modul  QJ71C24N (kebetulan modul ini tidak tersedia di lab yang bersangkutan). Untuk Topic Name diberikan “DASMTAQSerial”. Sehingga gambaran konfigurasi seharusnya seperti ini.
Note : saat ini sedang dicoba untuk akses dengan modul komunikasi Ethernet untuk PLC Mitsubishi Q Series.
Demikian gambaran umum dari konfigurasi DA Server untuk komunikasi dengan beberapa jenis PLC. Di posting berikutnya akan saya bahas dengan lebih detail, khususnya yang berkenaan dengan PLC Siemens atau Omron.

No comments:

Post a Comment