Thursday, February 2, 2017

Belajar PLC dengan PLC Omron Murah



PLC adalah singkatan dari Programmable Logic Controller. PLC sendiri dapat didefinisikan sebagai alat yang digunakan untuk menggantikan fungsi dari sederetan rangkaian relai yang kerap dijumpai pada sistem kontrol konvensional.

Secara sederhana, PLC juga dapat didefinisikan sebagai kumpulan rangkaian relay dalam bentuk yang lebih compact. Saat ini ada banyak sekali brand produsen PLC mulai dari yang paling terkenal yakni Omron, Siemens, Samsung, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing brand memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk sistem kontrol industri yang ada di Indonesia, banyak yang menggunakan PLC buatan Omron. PLC jenis ini dianggap lebih stabil dan memiliki kualitas yang lumayan bagus. PLC buatan Omron sendiri sangat bervariasi mulai dari seri CPM1A sampai dengan CP1L dan CP1H. Harganya pun juga sangat bervariasi.
CP1E-E kebutuhan untuk Digital input & Output 
CP1E-N kebutuhan I/O dengan komunikais RS232 untuk HMI Touchscreen
CP1L kebutuhan PLC dengan speed dan memory lbh baik dari CP1E
CP1H kebutuhan PLC PLC kompak dengan spesifikasi lengkap

Bagi anda yang berencana ingin membeli PLC dalam waktu dekat ini, alangkah baiknya dengan mempertimbangkan kebutuhan pasti speak yang sesuai . Karena semakin kebutuhan PLC nya detail maka akan di peroleh type PLC yang benar-benar sesuai sehingga harga pun akan sebanding dengan kebutuhan nya.

Untuk type PLC yang bisa di pakai untuk Belajar PLC antara lain sebagai berikut :
PLC CP1E E20SDR-A
PLC CP1E E30SDR-A
PLC CP1E E40SDR-A 
PLC CP1E E60SDR A
PLC CP1E N20DR-A
PLC CP1E N30SDR-A
PLC CP1E N40SDR-A
PLC CP1E N60SDR A
PLC CP1E NA20DR-A

No comments:

Post a Comment