Friday, February 3, 2017

Pengoprasian Trainer AC Split

PENGOPERASIAN SPLIT AIR CONDITIONER TRAINE

1. Pastikan stersedia sumber Arus Listrik PLN

2. Pastikan semua kelengkapan trainer masih utuh dan tidak rusak

3. Cek Semua bagiam bagian pipa apakah ada kebocoran, semua hand valve kondisi terbuka

4. Cek semua hand Valve dalam kondisi terbuka aliran

5. Cek semua presure gauge dalam kondisi menunjukan angka tertentu sekitar 50 – 60 Psi, bila terlihat nol berarti tidak ada tekanan, kemungkinan terjadi kebocoran- freon habis

6. Sambungkan steker dari Stop kontak sumber arus listrik pada sumber arus listrik AC 220 Volt / PLN

7. Operasikan AC dengan menekan power on pada Remote control, AC beroperasi dan hidup Amperemeter menunjukan ke angka 4A 

8. Cek Outdor – lama kelamaan body panas Cek Evaporator terhembus blower udara Dingin

9. Lihat di Termometer meunjukkan suhu pada masing masing bagian, condensor panas,evaporator dingin 


LAYOUT BAGIAN BAGIAN TRAINER
PROSEDUR STANDARD
CARA MENGISI FREON AC DENGAN REFRIGERANT 

MENGUNANAKAN MANIFOLD

Peralatan yang dibutuhkan :

1 Manifold (alat ukur tekanan freon)

2. Kunci inggris 10" dan 12" masing

3. Kunci pas satu set

4. Tang Amper / clamp meter

5. Obeng set (screwdriver set)

6. Tabung refrigerant R22 

7. Alat Flaring

Setiap kali AC atau mesin pendingin mengalami kerusakan disisi sirkulasi freonnya, baik karena kebocoran jalur atau kerusakan kompressor atau karena kerusakan komponen lain dalam jaringan sirkulasi freon, maka mau tidak mau freon harus diganti, freon lama walaupun masih banyak dan bagus harus dibuang agar jaringan sirkulasi freon pada AC menjadi kosong, hal inilah yang kadang –kadang membuat total harga servis AC menjadi mahal.


Oleh karena itu penting bagi pihak bengkel untuk memberitahukan kepada konsumen sebelum melakukan perbaikan pada kasus yang semacam ini, terangkan kejadian serta kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa terjadi ketika akan menangani kasus yang berkaitan dengan kebocoran jaringan freon, kemungkinan buruk itu yaitu adanya keharusan mengosongkan jaringan untuk melakukan perbaikan seperti pengelasan, penggantian filter, perbaikan kompressor dan kegiatan lain yang membutuhkan pemotongan jalur feon.

Dengan melakukan langkah persuasive terhadap konsumen maka dapat terhindar adanya kesalah pahaman, karena kondisi ketidak tahuan konsumenyang dapat menimbulkan hilangnya kepercayaan pelanggan pada pihak bengkel.

Berkaitan dengan masalah penambahan atau pengisian ulang freon ke dalam AC berikut ini adalah petunjuk cara melakukan pengosongan ( vaccum) dan pengisian ( discharge)freon.


Cara vaccum freon tanpa pompa vaccum.

Cara ini biasa disebut vacuum strainer, karena metode vacuum yang dilakukan melalui lubang saringan ( strainer), langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan blender gas.

2. Methyl sebagai pembersih pipa

3. Refrigerant R-134a, freon yang biasanya di gunakan untuk AC.

4. Kawat las dan borax

5. Tang Ampere meter


Langkah-Langkah Pengerjaan:

1. Sebelum memulai pengerjaan mengganti, atau menambahan freon perlu diketahui dulu bagaimana rangkaian sirkulasi freon pada AC, gambar dibawah ini memperlihatkan arah aliran freon di mulai dari discharge compressor lalu ke kondensor, lalu ke strainer dimana terjadi proses filtrasi, lalu ke pipa kapiler, perhatikan bahwa pipa kapiler dipasang melilit pada pipa keluaran evaporator dengan tujuan agar proses pertukaran panas lebih efisien, kemudian freon yang dingin dari condenser akan melewati evaporator di mana material yang didinginkan ditempatkan diatasnya, dari evaporator freon akan masuk kembali ke compressor melalui line suction. Lihat sirkulasi aliran Freon pada gambar di bawah ini:

Keterangan gambar;

1. Accumulator

2. Evaporator

3. Condenser

4. Strainer

5. Manifold

6. Tang ampere

7. Kompressor

8. Tabung Freon

Jadi freon pada mesin pendingin itu bersirkulasi dalam rangkaian tertutup, sedangkan untuk menambahkan freon dibutuhkan jalur untuk memasukkan freon ke dalam rangkaian tertutup tersebut. Jalur untuk menyuntikan freon dinamakan pentil, pada prakteknya pentil ini di buat pada 2 tempat, satu pada compressor dan satu lagi pada strainer. Pada gambar dibawah ini terlihat pipa yang digunakan untuk menempatkan pentil, satu pipa pada stainer yang ditunjukkan dengan hurup D dan satu pada compressor yang ditunjukkan dengan hurup E


Keterangan gambar;

1. Strainer

2. Pipa Discharge

3. Pipa Kapiler

4. Pipa injeksi stainer

5. Pipa injeksi compressor

6. Pipa suction

1. Pentil yang dipasang pada pipa injeksi kompressor digunakan untuk memasukkan freon, sedangkan pipa injeksi pada stainer digunakan untuk memeriksa apakah freon pada saat pengosongan sudah benar-benar keluar semua, serta untuk memeriksa apakah jalur freon sudah benar-benar terisi pada saat pengisian freon.

2. Pasang tang amper, kemudian pasang selang manifold warna kuning pada pentil pengisian freon di kompresor maksudnya agar proses pemakuman dapat dimonitor. Pentil untuk mengisi Freon di compressor harus kita buat dulu karena pada awalnya belum tersedia fasilitas ini, caranya adalah sebagai berikut; siapkan pipa kapiler kira-kira sepanjang 30cm, potong tubing tembaga ukuran ¼ inch sepanjang 10cm, bersihkan ujung potongannya, pada ujung yang satu diberi nut dan dilakukan flaring agar ujung tubing bisa disambung dengan konektor, pada ujung lain daripada tubing 10cm ini di masukkan pipa capiler yang sudah kita siapkan sebelumnya, masukkan pipa kapiler ini kira-kira 3 cm kedalam tubing tembaga ¼ inch lalu dipatri agar ujung tubing tertutup rapat. Lihat gambar dibawah ini menunjukkan pentil yang sudah terpasang pada compressor, pada strainer harus dibuatkan pula pentil seperti ini;

3. Hidupkan AC agar proses pemakuman berjalan, check pada pipa kapiler pendek yang tadi di lubangi apakah keluar udara atau tidak, rasakan dengan jari tangan, bila belum keluar udara besarkan kembali lubangnya, karena melalui lubang inilah udara yang terdapat di dalam pipa pipa akan keluar.

4. Ambil wadah kecil untuk tempat Methyl dan masukan pipa kapiler pendek tadi kedalam wadah tersebut, akan terlihat gelembung2 di dalam air methyl tsb tanda udara sudah keluar dan tunggu hingga tidak ada lagi gelembung udara yang keluar dari dalam pipa kapiler ini. waktunya berkisar 80 menit s/d 100 menit.

5. Jika sudah tidak tampak gelembung udara yang keluar itu tandanya pemakuman berhasil namun bila dalam waktu tsb masih ada udara berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, check bekas las las- an pada pipa.

6. Pemakuman berhasil dapat dilihat pada alat manifold gauge yang menunjuk di bawah nol psi (-30psi) dan pada wadah kecil yang diisi methyl gelembung udara sudah berhenti, jika ada penurunan tekanan berarti masih ada kebocoran pada pipa yang di las, checking bekas las las- an pada pipa.

7. Proses pemakuman dengan strainer melalui lubang pipa kapiler ini sudah berhasil tinggal proses terakhir yaitu menutup lubang pada pipa kapiler tersebut caranya begini:
– Cabut power AC, jepit dengan tang pipa kapiler tsb. pada saat power AC di cabut kompresor AC tidak bekerja dan otomatis lubang pipa kapiler yang tadi mengeluarkan udara itu akan berbalik menjadi menghisap udara. Biarkan air yang berisi methyl dalam wadah itu terhisap oleh kompresor kemudian jepit pipa kapiler itu sebelum methylnya tersedot semua, setelah di jepit kemudian potong dengan tang potong.

8. Terakhir sumbatlah potongan pipa kapiler tadi dengan kawat las dan blender gas. Proses pemakuman pada AC dengan cara manual tanpa menggunakan mesin vakum hanya dengan bantuan pipa strainer sudah selesai.


Cara mengisikan freon

Ada banyak kasus pada AC, seperti AC mati total,AC kurang dingin ,AC tidak dingin dan sebagainya. kali ini kita akan membahas bagimana Cara mengisi freon AC, dimana hal ini sangat penting untuk dimengerti oleh setiap seorang teknisi AC atau siapa saja yang ingin memperbaiki AC.

Berikut langkah langkah dan praktek cara mengisi freon pada AC :

1. Siapkan freon 

2. Manifold gauge

3. Mesin Vakum

4. Methyl (cairan pembersih AC)

5. Mesin Las/ hicook tabung

6. Tang Amper

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pasang selang manifold warna kuning pada mesin vakum dan selang manifold warna biru pada pentil kompresor AC. ” kompresor yang akan di isi freon harus di vakum dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada proses pendingin nya karena bila tidak di vakum terlebih dahulu AC tidak bisa dingin dan kompresor akan cepat panas, lakukan pemakuman kompresor AC sama halnya dengan cara memvakum kompresor AC

2. Setelah prose pemvakuman pada kompresor selesai 30 menit dan penunjuk pada meter menunjuk di bawah 0 psi / -30psi kompresor sudah siap di isi freon AC, pasang selang manifold warna biru pada pentil kompresor *pipa pengisiian freon* dan selang warna kuning pada tabung freon AC.

3. Harap di perhatikan pada saat mengisi freon AC jangan terlalu membuka full kran manifold bukalah pelan-pelan dan sedikit demi sedikit,jangan melebihi batas 10 psi

4. Pada saat pengisiian berjalan sambil di check pada body AC rasakan kehangatannya pada sisi AC, bila sisi AC terlalu panas jangan di teruskan pengisiannya, periksa kembali jalur pipa kapiler dan strainer. Bila sisi AC terasa hangat hangat kuku lanjutkan mengisi freonnya, AC hangat pada sisi luar menandakan sirkulasi freon pada AC normal.

5. Pasang tang amper meter pada kabel kompresor untuk melihat ampere nya sesuaikan amper meter seperti yang tertera di balik AC (name plat)ampere AC biasanya 0,5 hingga 0,9 ampere tergantung besar kecilnya AC. bila ampere kompresor sudah melewati batas standart berarti kompresor sudah lemah.

6. Bila freon AC sudah mencapai tekanan 10psi, tutup kran pada tabung freon AC dan kran manifold gauge. Untuk memastikan apakah pengisisan freon ini berhasil matikan AC dulu dan perhatikan jarum pada manifold gauge.

7. Jarum manifold gauge pada saat AC di matikan harus menunjuk pada angka 50 psi hingga 100 psi ini artinya sirkulasi freon berjalan dengan baik namun bila jarum pada manifold tidak berubah (tetap pada angka 10 psi) berarti sirkulasi freon tidak normal, buang freon nya dan lakukan kembali dari awal.

8. Setelah AC di matikan dan tekanan freon di lihat normal tunggu sampai paling lambat 10 menit lalu nyalakan kembali AC. Amati seluruh sistem sehingga yakin bahwa keadaan AC bekerja dengan baik, pendinginan di tiap kompartmen sesuai dengan setelan suhu yang diinginkan, suara kompresor tidak berisik, dan tang ampere menunjukkan konsumsi arus yang normal

PERBAIKAN KEBOCORAN FREON PADA TRAINER AC

TRAINER AC terdapat simulasi aliran ferfigerant dengan menggunakan pipa pipa yang di susun sedemikian rupa lengkap dengan kran (hand valve) dan presure gauge, yang terhubung mengunakan Neple neple (tidak Di Las) sehingga seringkali dijumpai mudah terjadi kebocoran freon.

----Tidak menjadi masalah karena memang untuk sarana pelatihan, tinggal di isi ulang freonnya apa bila menjumpai freon kosong / berkurang karena pipa (pada nepel nepel ) bocor. Kemungkinan dikarenakan pipa tergoyang atau tergeser dari tempat semula atau sengaja di putar buka sebab hanya dengan sebuah kunci pas nepel mudah di longgarkan dan di buka, sangat berbeda pada ujud pemipaan AC utuh tidak terdapat nepel nepel penyambung


Langkah perbaikan kebocoran freon :

1. Nyalakan unit AC

2. Buka penutup service valve pada pipa besar menggunakan kunci inggris atau kunci pas.

3. Pasang selang manifold (low preassure) warna biru pada service valve (posisi sebelah kiri pada manifold anda) dan warna kuning pada tabung refrigrant (posisi sebelah tengah pada manifold anda). Usahakan kran manifold pada posisi tertutup semua.

4. Untuk deteksi dini, cek tekanan freon AC. Standard tekanan freon R22 adalah 57.6 – 84.1 psig. 

5. Jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin/ac split ada kebocoran. Cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yg diberi air sabun, bila tidak diperbaiki/dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali. Bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yg harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan/pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.

6. Apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki/dilas, sistim pendingin/ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum. Vakum yg baik harus mencapai 30″, lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum??

Langkah Kerja Vacuum dan Mengisi Freon:

1. Pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung Freon (posisi kran ditabung freon dalam keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).

2. Buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.

3. Masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).

4. Operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.

5. Setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.

6. Setelah tidak ada angin yg keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel 3/8(posisi kran nepel terbuka penuh).

7. Isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem pendingin/ac split.
Pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.

8. Buka kran manifold tunggu beberapa saat, lalu tutup kembali. Lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yg sudah masuk pada jarum penunjuk yg ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac yg berukuran 3/8 yg berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yg ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.

Bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin. Perhatikan juga ampere compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas ampere (current) yg dapat anda lihat pada sisi indoor unit.

9. Tutup kembali kran pada tabung freon.

10. Lepas selang manifold pada tabung freon dan unit AC.

11. Tunggu beberapa saat check kembali tekanan freon AC, chek Ampere meter (currency) apabila melebihi kapasitas kurangi tekanan dengan sedikit membuangnya.

12. Buka dan lepas selang manifold pada Unit AC, tutup kembali penutup valve service.

No comments:

Post a Comment